Sehat dengan Garam Dapur

Sabtu, 20 Okt 2012

Dulu Guru Agama Islam waktu SMP bilang, "Rasulullaah mengajarkan agar mencicip garam sebelum makan apapun"


Saya tidak tahu kenapa alasannya waktu itu. Yang pasti ketika saya melakukan hal tersebut sebelum makan, makan saya pun berasa begitu nikmat. Namun hari ini Saya menemukan sebabnya, setelah browsing beberapa artikel. Subhanallaah, ternyata penggunaan garam punya banyak manfaat.


Di awali dari GARAM...
Gambaran Baru Tentang “Garam Dapur”




Mitos lama: kalau menderita tensi tinggi, harus berpantang garam (dapur).
Kini agaknya mitos itu perlu dibicarakan lebih jauh dengan beberapa penemuan baru.


Pengalaman pribadi
Dikisahkan oleh DR.JOSEPH A. ANTONY (FRCS(C); FICS; FAAS)
Urologist & General Surgeon
Consultant: St.Philomena's Hospital, Florida, USA.
(di-resume) 



1) betis kramp, kesemutan, rasa baal
    minum 1 gelas air plus ½ sendok teh garam (dari garam bata, bukan garam meja)



2) sakit kepala: 
    mulailah dengan extra minum sebelum minum obat sakit kepala sebab sebagian besar karena dehidrasi. Bukan air biasa tapi air plus garam, air mineral, air kelapa, kuah sayur.



3) tensi tinggi tanpa sakit kepala, disertai kaku kuduk, bahu nyeri: 
    3 gelas air plus ½ sendok teh garam bata untuk tiap gelasnya;



4) Tensi tinggi disertai sakit kepala: 
   Tambahkan satu buah “Lombok Hijau”, panjang +- 15cm tapi makan 1-2 buah pisang untuk alas maag agar tidak perih (sambil untuk menambah kalium), tetap dengan disertai minum 3 gelas air plus garam bata seperti di atas ( ½ sendok teh per 1 gelas air)



5) HNP & penyempitan diskus antar vertebra: 
    Extra minum air tapi dengan tambahan mineral, garam bata biasa, atau air mineral, air kelapa, kuah sayur


Jalan pikiran di balik pengobatan itu:

1) Kalau kita minum hanya air, badan tidak bisa mempertahankannya, akan langsung dibuang ginjal (kencing), kita tetap mengalami dehidrasi. Yang dapat mempertahankan air dalam tubuh adalah mineral, terutama natrium (garam dapur).


2) Garam meja, adalah garam dapur yang umumnya dibuat secara sintetis dari zat kimia murni natrium, chlorida dan jodium, tanpa mineral lain. Ini lebih sulit diserap tubuh sehingga malah membebani ginjal, membuat batu ginjal dan mendorong tensi tinggi. Ciri khas garam sintetis adalah warnanya yang putih berkilat-kilat. Garam yang sehat adalah garam asli dari laut (garam bata) karena masih mengandung +- 72 mineral alami yang membantu kinerja natrium.


3) Sakit kepala karena tensi meninggi banyak yang disebabkan dehidrasi, darah mengental. Dalam hal ini air garam tidak menyebabkan tensi naik. Pantang garam pada tensi tinggi itu salah kaprah, itu hanya jika ada oedema, yaitu menumpuknya cairan di jaringan tubuh; pantang garam dimaksudkan agar air dikeluarkan lewat ginjal (kencing). Garam rendah natrium untuk tensi tinggi termasuk yang salah kaprah tadi. (catatan: low sodium salt kadar natriumnya 60% dari kadar natrium garam dapur biasa, ditambahkan mineral Kalium dan Yodium)


4) tensi tinggi yang asli penyakit tensi tinggi tidak diobati dengan air garam sekalipun dari garam bata. Yang bisa ditolong dengan air garam adalah jika tensi tinggi itu bukan penyakit asli melainkan meningginya tensi karena keadaan dehidrasinya, yang biasanya disertai sakit kepala yang agak tiba-tiba datangnya. Yang mengobati dehidrasinya adalah airnya, sedang garam mempertahankan agar air itu tidak keburu dibuang lewat ginjal berupa kencing, sehingga hasil akhirnya darah jadi lebih encer (dehidrasi teratasi).


5) Pisang mengandung banyak kalium, begitu juga air kelapa


6) Lombok hijau diperlukan agar jantung memompa lebih kuat sehingga darah dapat beredar lebih lancar, peredaran darah di otak juga lebih lancar, menghilangkan sakit kepala


7) Kramp, semutan, rasa baal sebagian besar karena kurang cairan dan mineral, terutama garam natrium dan kalium.


8) Jangan sekali-kali minum air murni, apalagi aquades, itu hanya akan menambah beban ginjal, anda tetap dehidrasi.


9) Jika anda beberapa kali menderita sakit kepala, kramp, kesemutan, lesu, periksalah kadar natrium dan kalium anda sebelum periksa cholesterol dan trigliserida. Itu lebih bermakna.


10) Saya punya pengalaman menyenangkan, yaitu penyembuhan HNP saya secara lebih cepat, ketika membiasakan diri minum bukan melulu air tapi air minum itu saya beri irisan jeruk nipis / lemon (atau perasannya tapi jangan banyak-banyak), ditambahkan seujung sendok teh garam bata, memperkaya rasa dan menambah natrium. Jeruk, termasuk jeruk nipis mengandung beberapa mineral alami yang baik untuk tubuh.


11) Beberapa depresi dan perasaan tertekan sering juga disebabkan kekurangan cairan dan mineral terutama natrium dan kalium.


Saran: minum 2 gelas air plus setengah sendok teh garam bata dengan dibubuhi beberapa tetes air jeruk nipis, berseling dengan 1 gelas air kelapa.

Catatan Pribadi:
Tambahan info: HNP (Herniasi Nukleus Pulposus) atau yang lebih dikenal oleh masyarakat awam sebagai Syaraf Kejepit adalah penyakit yang sangat menjengkelkan dan sangat menyiksa karena rasa sakit yang ditimbulkannya luar biasa sakitnya. Penyebab dari HNP itu menurut Dokter Alfred Sutrisno Sp.Bs karena adanya riwayat jatuh atau mengangkat benda2 yang berat.Penanganan dari HNP dibagi 2:
1.Tindakan konservatif:
   a.Dianjurkan penderita bed rest selama 2 – 3 minggu.
   b.Dilakukan fisioterapi dengan traksi
   c.Memakai Plaster Jacket/Spinal Brance
2.Tindakan Operatif dibagi dalam tindakan operatif biasa dengan laminektomi atau dengan bedah mikro. Dan sudah bisa dikerjakan di Indonesia. 


Sumber: FB Maysarah Bakri & Google