Pengolahan Limbah Mandiri

Salam Sehat Alami,

Limbah rumah tangga adalah produk dari setiap rumah, persentasenya 60% ~ 70% dari keseluruhan limbah yang ditampung dalam Tempat Penampungan Akhir (TPA) seperti TPA Bantar Gebang - Bekasi. Mayoritas berupa sampah basah dari sisa dapur dan makanan, juga karena limbah plastik dan lainnya biasanya sudah kena sortir para pemulung. Dan sampah basah ini hanya akan menjadi limbah semata, dibuang tanpa peduli akibatnya.  Jangan bayangkan jumlahnya yang relatif sedikit dalam satu hari, namun bayangkan setiap hari selama 30 hari  di setiap rumah di seluruh wilayah DKI! Jumlah sampah yang tak terbayangkan. Dan sampah ini akan selalu bertumpuk dan bertambah tinggi menggunung. Sementara lahan TPA sama sekali tidak bertambah.



Sampah Sumber Penyakit dan Bencana
Bayangkan jika setiap rumah tangga bersedia mengelola sendiri sampah dapurnya tersebut, terutama potongan sayur, kulit bawang dan buah, makanan sisa. Maka Bantar gebang tidak akan pernah over load dan menjadi sumber penyakit dan racun bagi alam sekitar. Berdasarkan penelitian lahan disekitar TPA pada umumnya lambat laun akan rusak akibat resapan dari limbah berbahaya seperti karat dan cairan yang keluar dari limbah elektronik dan batterie. Tentunya ini menjadi warisan merugikan bagi anak cucu dan masa depan bangsa ini.

Sebagian besar lainnya sampah RT hanya dibuang begitu saja ke alam, seperti misalnya di aliran anak sungai, yang efeknya tidak saja menjadi racun bagi kehidupan habitat sungai hingga laut, namun juga menjadi sumber malapetaka lainnya seperti banjir. Setiap tahun tiap kali memasuki musim hujan maka isi berita media massa melulu soal banjir, tentunya membawa korban jiwa dan harta benda, luar biasanya kini banjir tidak hanya langganan di Ibu Kota Jakarta, kini sudah terjadi di Bandung, Solo, Semarang, Surabaya, Lampung, dan kota lainnya di Nusantara.

Sungguh sampah bila tidak dikelola dengan baik hanya akan melahirkan penyebab masalah. Sebaliknya bila dikelola, maka limbah tadi bisa menjadi berkah. Ia akan menghasilkan "EMAS CAIR" berupa POC (Pupuk Organic Cair) yang bisa menyuburkan tanah dan tanaman.

Kelebihan POC adalah:
  • Pupuk alam yang lengkap karena mengandung unsur hara esensial dan elemen lainnya; 
  • Meningkatkan produksi tanaman keseluruhan yaitu menjadikan tanaman sehat tahan terhadap penyakit dan meningkatkan kualitas tanaman dan hasilnya (baik bunga maupun buah); 
  • Karena merupakan bagian dari alam sehingga dapat dengan cepat larut dan langsung diserap tanah dan tanaman; 
  • Mempercepat dan memperbanyak bunga bakal buah, dan tidak mudah rontok; 
  • Merangsang pertumbuhan akar baru baik pada tanaman induk, maupun pada sistem cangkok dan stek; 
  • Yang terpenting, tidak meninggalkan residu berbahaya pada permukaan tanaman dan buah, sehingga hasilnya dengan aman dapat dikonsumsi oleh Anda sekeluarga. 
Karenanya POC sangat dianjurkan penggunaannya secara rutin di perkebunan tanaman hias dan buah; Pemakaiannya pun relatif sangat irit, yaitu sebelum disemprotkan pada tanaman dicampur dengan air dengan perbandingan 1 bagian POC dicampur 10 bagian air. Cukup disemprotkan pada tanaman seminggu sekali. Mudah, Murah dan Hemat.

Saya telah membuat catatan lengkap tentang proses pengolahan limbah dapur dan rumah tangga hingga dapat menghasilkan Pupuk Organic Cair (POC) yang juga sudah saya buktikan mampu mempercepat tumbuhnya akar dan batang tanaman. Catatan saya dimuat di media online www.poskita.com dengan judul antara lain:


Misi utama dari proyek ini adalah ikut menyelamatkan bumi dari sampah kita sendiri. Silahkan dibuka dan pelajari catatan di atas jika ada pertanyaan mengenai aplikasinya silahkan hubungi saya.

Keuntungan proses pengolahan limbah ini :
  1. Paling mudah (tanpa perlu mencacah apalagi menggiling); 
  2. Murah (bahannya tersedia disekitar kita); 
  3. Bersih (dibanding model lain cara ini nyaris tanpa bau dan tanpa lalat); 
  4. Cepat (Paling lambat 4-7 hari pupuk sudah keluar), 
  5. Ekonomis (pupuknya bisa digunakan sendiri maupun dijual). 
Bagi mereka yang ingin belajar membuat pupuk organik cair sendiri silahkan melihat di tempat saya. GRATIS - GRATIS - GRATIS. Jika ingin pulang bawa komposter ya harus siapkan bahan baku komposternya terlebih dahulu, karena kami tidak menyediakan; Tapi kami sudi menerima pesanan jika Anda berkenan.

Untuk POC, bisa pesan via SMS +62856 9386 6206 (Adjie Prasetyo) ;



Salam Sehat Alami!